MY WIDGET


Selasa, 19 Maret 2013


KELOMPOK VII
1. SAPERIAH   NIM A1B110243
2. MADIRAH SRI ANDINI     NIM A1B109251


Berita di Yahoo
Di Jawa Tengah, PKS Ingin Mengulang Sukses

TEMPO.COM, Semarang  
(1) Partai Keadilan Sejahtera menargetkan bisa memenangkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur yang diusung dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah, Hadi Prabowo-Don Murdono. (2) Partai ini ingin mengulang sukses kemenangan sebelumnya di pilgub Jawa Barat dan Sumatera Utara.
(3) Presiden PKS, Anis Matta, membeberkan adanya strategi yang berbeda untuk menghadapi pemilihan gubernur Jawa Tengah di banding di Jawa Barat dan Sumatera Utara. (4)  "PKS perlu merubah strategi yang jitu agar bisa memenangkan Hadi-Don," kata Anis Matta di Semarang, Sabtu malam (16 Maret 2013).
(5) Bekas Wakil Ketua DPR ini menyatakan PKS akan merubah permainan politik dari dangerous game, permainan berbahaya, menjadi funny game permainan yang lucu dan menyenangkan. (6) Selama ini, kata Anis, dalam pertarungan politik yang mengemuka selalu membahayakan, seperti penggunaan black compaign (kampanye hitam), politisasi hukum hingga pembunuhan karakter. (7)  "Kita meninggalkan seperti ini. (8) Pilgub Jawa Tengah itu permainan orang dewasa yang lucu," kata Anis.
(9) Langkah PKS menghindari permainan kampanye hitam memang bisa dimaklumi. (10) Sebab, dalam catatan Tempo, pasangan Hadi-Don memang juga kontroversial. (11) Hadi pernah dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam beberapa kasus dugaan korupsi, seperti proyek pengadaan mobil kebakaran, dugaan suap APBD Kota Semarang dan lain-lain.
(12) Sedangkan Don Murdono adalah saudara dari Hendy Boedoro, bekas Bupati Kendal yang dihukum karena kasus korupsi sekaligus kakak dari Mantan Ketua PDIP Jateng dan Ketua DPRD (non aktif) Jawa Tengah, Murdoko, yang kini mendekam di LP Cipinang karena terjerat kasus korupsi APBD Kendal.
(13) Di Pilgub Jateng, PKS berkoalisi dengan PKB, PPP, Partai Gerindra, Hanura dan PKNU. (14) Enam partai ini memutuskan mengusung Hadi-Don beberapa jam sebelum pendaftaran calon gubernur di tutup KPUD. (15) Padahal, Hadi dan Don sebelumnya daftar penjaringan di PDIP. PDIP memilih Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.
(16) Anis menilai konfigurasinya pasangan calon yang diusung PKS ini juga lucu, yakni Hadi merupakan birokrat (Sekda Provinsi Jawa Tengah) berpasangan dengan Don Murdono (Politisi PDIP yang diusung partai lain). (17)  "Di dunia sepakbola, pasangan ini mirip transfer pemain. (18) Ini membuat permainan yang seru tapi tidak berbahaya," kata Anis.
(19) Anis juga mengibaratkan pilgub Jateng seperti minuman soda yang berbeda dengan minuman beralkohol. (20) Sama-sama menyenangkan tapi alkohol berbahaya sedangkan soda tidak. (21) Anis menyatakan, pilgub Jateng menjadi alat ukur elektabilitas dan aksetabilitas partai. (22) "Pilkada menjadi alat uji apakah pembinaan yang dilakukan bisa bekerja maksimal atau tidak," kata Anis.



Analisis Kohesi dan Koherensi
pada Wacana Berita “Di Jawa Tengah, PKS Ingin Mengulang Sukses”

1.      Kohesi
Kohesi adalah hubungan antarbagian dalam teks yang ditandai penggunaan unsur bahasa. Piranti kohesi yang terdapat pada wacana berita “Di Jawa Tengah, PKS Ingin Mengulang Sukses” adalah sebagai berikut.
a.       Piranti kohesi pengulangan dengan bentuk lain
Piranti kohesi pengulangan dengan bentuk lain terjadi apabila sebuah kata diulang dengan konstruksi atau bentuk kata lain yang masih mempunyai bentuk dasar yang sama. Piranti ini terdapat pada kalimat berikut.
(1) Partai Keadilan Sejahtera menargetkan bisa memenangkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur yang diusung dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah, Hadi Prabowo-Don Murdono. (2) Partai ini ingin mengulang sukses kemenangan sebelumnya di pilgub Jawa Barat dan Sumatera Utara.

b.      Piranti pengulangan dengan penggantian
Pengulangan suatu bentuk dapat dilakukan dengan mengganti bentuk lain seperti dengan kata ganti. Pengulangan dengan bentuk lain ini terdapat pada kalimat berikut.
(3) Presiden PKS, Anis Matta, membeberkan adanya strategi yang berbeda untuk menghadapi pemilihan gubernur Jawa Tengah di banding di Jawa Barat dan Sumatera Utara. (4)  "PKS perlu merubah strategi yang jitu agar bisa memenangkan Hadi-Don," kata Anis Matta di Semarang, Sabtu malam (16 Maret 2013). (5) Bekas Wakil Ketua DPR ini menyatakan PKS akan merubah permainan politik dari dangerous game, permainan berbahaya, menjadi funny game, permainan yang lucu dan menyenangkan.
Selain itu, juga terdapat pada kalimat berikut.
 (13) Di Pilgub Jateng, PKS berkoalisi dengan PKB, PPP, Partai Gerindra, Hanura dan PKNU. (14) Enam partai ini memutuskan mengusung Hadi-Don beberapa jam sebelum pendaftaran calon gubernur di tutup KPUD.

c.       Piranti misalan
Piranti misalan atau contohan ini berfungsi untuk memperjelas suatu uraian, khususnya uraian yang bersifat abstrak. Piranti tersebut terdapat pada kalimat berikut.
(6) Selama ini, kata Anis, dalam pertarungan politik yang mengemuka selalu membahayakan, seperti penggunaan black compaign (kampanye hitam), politisasi hukum hingga pembunuhan karakter. (11) Hadi pernah dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam beberapa kasus dugaan korupsi, seperti proyek pengadaan mobil kebakaran, dugaan suap APBD Kota Semarang, dan lain-lain.

d.      Piranti pengulangan penuh
Ulangan penuh berarti mengulang satu fungsi dalam kalimat secara penuh, tanpa pengurangan dan perubahan bentuk. Piranti pengulangan penuh pada wacana berita tersebut adalah kata “kata Anis” yang diulang pada kalimat (4), (6), (8), (17), dan (21).
Selain itu, piranti pengulangan penuh yang lain adalah pada singkatan “PKS” yang diulang pada kalimat berikut.
(4)  "PKS perlu merubah strategi yang jitu agar bisa memenangkan Hadi-Don," kata Anis Matta di Semarang, Sabtu malam (16 Maret 2013). (5) Bekas Wakil Ketua DPR ini menyatakan PKS akan merubah permainan politik dari dangerous game, permainan berbahaya, menjadi funny game permainan yang lucu dan menyenangkan. (9) Langkah PKS menghindari permainan kampanye hitam memang bisa dimaklumi. (13) Di Pilgub Jateng, PKS berkoalisi dengan PKB, PPP, Partai Gerindra, Hanura dan PKNU.
Di samping itu, piranti pengulangan penuh yang lain adalah kata “Anis” yang diulang pada kalimat berikut.
(16) Anis menilai konfigurasinya pasangan calon yang diusung PKS ini juga lucu, yakni Hadi merupakan birokrat (Sekda Provinsi Jawa Tengah) berpasangan dengan Don Murdono (Politisi PDIP yang diusung partai lain).
(19) Anis juga mengibaratkan pilgub Jateng seperti minuman soda yang berbeda dengan minuman beralkohol.
(21) Anis menyatakan, pilgub Jateng menjadi alat ukur elektabilitas dan aksetabilitas partai.

e.       Piranti sebab-akibat
Hubungan sebab-akibat dalam sebuah wacana terjadi apabila salah satu proposisi menunjukkan sebab terjadinya suatu kondisi tertentu yang merupakan akibat atau sebaliknya. Piranti sebab-akibat ini terdapat pada kalimat berikut.
(9) Langkah PKS menghindari permainan kampanye hitam memang bisa dimaklumi. (10) Sebab, dalam catatan Tempo, pasangan Hadi-Don memang juga kontroversial.
Kalimat (9) merupakan akibat dari kalimat (10).
f.       Piranti urutan waktu
Dalam suatu wacana ada piranti yang menunjukkan urutan waktu. Piranti tersebut di antaranya adalah sebelum, selanjutnya, kemudian, akhirnya,dan sebagainya. Piranti urutan waktu yang terdapat dalam wacana berita tersebut terdapat pada kalimat . (14) Enam partai ini memutuskan mengusung Hadi-Don beberapa jam sebelum pendaftaran calon gubernur di tutup KPUD.  (15) Padahal, Hadi dan Don sebelumnya daftar penjaringan di PDIP.

g.      Piranti ketidakserasian
Ketidakserasian suatu kalimat atau wacana pada umumnya ditandai dengan perbedaan proposisi yang terkandung di dalamnya, bahkan sampai pada pertentangan. Piranti ketidakseraian yang terdapat pada tersebut adalah sebagai berikut.
(15) Padahal, Hadi dan Don sebelumnya daftar penjaringan di PDIP.

h.      Piranti pengulangan pertentangan (kontras)
Piranti pengulangan pertentangan digunakan untuk menghubungkan proposisi yang bertentangan atau kontras dengan bagian lain. Piranti yang biasa digunakan di antaranya adalah (akan) tetapi dan  sedangkan. Piranti pengulangan pertentangan yang terdapat pada berita tersebut adalah sebagai berikut.
(12) Sedangkan Don Murdono adalah saudara dari Hendy Boedoro, bekas Bupati Kendal yang dihukum karena kasus ….  (17)  "Di dunia sepakbola, pasangan ini mirip transfer pemain. Ini membuat permainan yang seru tapi tidak berbahaya," kata Anis.
(20) Sama-sama menyenangkan tapi alkohol berbahaya sedangkan soda tidak.

i.        Piranti pilihan
Piranti pilihan digunakan untuk menyatakan dua proposisi berurutan yang menunjukan hubungan pilihan. Piranti pilihan yang terdapat pada wacana berita tersebut adalah sebagai berikut.
(21) "Pilkada menjadi alat uji apakah pembinaan yang dilakukan bisa bekerja maksimal atau tidak," kata Anis.

j.        Elipsis
Elipsis merupakan proses penghilangan kata atau satuan-satuan kebahasaan lain. Elipsis juga merupakan penggantian unsur kosong (zero), yaitu unsur yang sebenarnya ada tetapi sengaja dihilangkan atau disembunyikan. Berikut merupakan bentuk ellipsis yang terdapat pada iklan wacana berita “Di Jawa Tengah, PKS Ingin Mengulang Sukses”.
(19) Anis juga mengibaratkan pilgub Jateng seperti minuman soda yang berbeda dengan minuman beralkohol. (20) (…) Sama-sama menyenangkan tapi alkohol berbahaya sedangkan soda tidak. (21) Anis menyatakan, pilgub Jateng menjadi alat ukur elektabilitas dan aksetabilitas partai.
Pada kalimat (20) memang tidak ada kata-kata yang mendahului kata “sama-sama”, padahal maksud dari “sama-sama” itu sendiri adalah minuman bersoda dan minuman beralkohol yang maknanya telah diketahui sebelumnya berdasarkan konteks. Artinya, kalimat (20) itu mengandung unsur elipsis yang memang tidak perlu dituliskan.

2.      Koherensi
Koherensi adalah hubungan logis antara bagian kalimat dalam suatu wacana. Proposisi-proposisi di dalam suatu wacana dapat membentuk suatu wacana yang runtut (koheren) meskipun tidak terdapat pemerkah penghubung kalimat yang di gunakan.
Kalimat-kalimat pada wacana berita Di Jawa Tengah, PKS Ingin Mengulang Sukses” sudah padu karena kalimat-kalimat dalam wacana tersebut  mempunyai keterkaitan secara maknawi. Secara rinci, wacana tersebut menjelaskan mengenai PKS yang kembali mencalonkan diri untuk menjadi calon gubernur/calon wakil gubernur.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar